APAKAH ANDA SUDAH SIAP DITAMPI OLEH ALLAH UNTUK MASUK DALAM KERAJAAN ALLAH..??

By: Iman Yonggi Cho Sinaga, S.Th.

Matius 3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.”

Lukas 3:17 Alat penampi sudah di tangan-Nya untuk membersihkan tempat pengirikan-Nya dan untuk mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung-Nya, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan.”

1. Alat Penampi

Alat tampi dalam bahasa Ibrani disebut “Mizreh” artinya “tampi”, zarah artinya “Menaburkan”. Dalam bahasa Yunani disebut “Ptuon” artinya “Tampi”, Siniazo artinya “Mengayak” dan “menampi” (TB) digunakan untuk gandum. Alat tampi ini adalah garpu kayu yang besar digunakan untuk menghambur-hamburkan bulir-bulir Gandum ke Udara supaya tangkai-tangkai dan debu dihembuskan angin (Yesaya 30:24; Yeremia 15:7) cara ini masih diterapkan di beberapa daerah terpencil di Asia Barat. Dalam bahasa sederhananya, gandum dilakukan dengan menghamburkan gandum ke udara dengan menggunakan garpu penampi. Lalu angin akan menerbangkan sekam atau gandum yang kopong sehingga yang jatuh ke bawah hanya gandum yang berisi (Yes.41:16; 4:11; 15:7;51:2).

  • Yohanes Pembaptis menggunakan ungkapan yang mudah dimengerti ini untuk melukiskan Kristus sebagai Penampi besar yang memisahkan yang jahat dari yang baik (Mat. 3:12; Lukas 3:17).
  • Yohanes Pembaptis memakai ungkapan ini untuk menunjukkan pemisahan yang benar dari yang jahat pada masa penghakiman oleh Allah.

2. Membersihkan tempat pengirikan

Tempat pengirikan biasanya pada tempat yang agak tinggi (1 Taw.21:18 2 Taw 3:1) dan dipakai untuk menampi (Rut 3:1). Tahapan penggunaannya setelah diadakan pengirikan (diirik) maka dilanjutkan dengan ditampi lalu diayak (Yes. 30:24; 41:16; Mat.3:12). Artinya semuanya berlangsung kegiatan pelaksanaanya bertujuan untuk memisahkan jerami dari gandum. Setelah selesai maka disitulah Allah akan membersihkan tempat pengirikannya agar bersih. Demikian juga, pemisahan antara orang benar terhadap orang fasik.

Intinya : Tempat orang benar/gandum (bertobat) dan orang fasik/debu jerami (tidak bertobat) tidaklah sama. Posisi dan keberadaan mereka ditempat yang berbeda. Orang benar bersama dengan Allah di dalam Sorga sedangkan orang fasik dibakar dalam api (Neraka).

 Perenungan : apakah anda mau menjadi gandumnya Tuhan atau Debu Jerami….?? apakah anda masih tetap bertahan sebagai gandum atau debu jerami…?? Pilihan ada ditangan anda.

(Email : yonggisinaga@yahoo.co.id, Fb: Iman Yonggi Cho, NO.REKENING BANK BRI: 0904-01-024392-53-0. AN. IMAN YONGGICCO SINAGA.)

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: