Apakah Anak-anak dibaptis atau diberkati menurut Alkitab…??

Arti Baptisan menurut Kamus Alkitab karangan W.R.F.Browning. Kata Yunani untuk Ritus Baptisan yaitu “Baptizomai” berarti “Memandikan” atau “Membasuh”. Namun dalam LXX ditentukan arti klasik “Menenggelamkan’ atau “Menyelamkan” (Yes. 21:4). Jadi, melihat dari defenisi mengenai baptisan, maka tidak ada arti kata ditemukan di dalam Alkitab dikenakan kepada anak-anak. Justru di Alkitab banyak terlihat adalah kata-kata tentang memberkati anak-anak. Hal ini mengarahkan semua umat manusia kembali kepada pemahaman Alkitab dengan benar tanpa ada kompromi dengan apapun.

Menurut kitab Perjanjian Lama

  • Kejadian 9:1 Lalu Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi.
  • Kejadian 27:19 Kata Yakub kepada ayahnya: “Akulah Esau, anak sulungmu. Telah kulakukan, seperti yang bapa katakan kepadaku. Bangunlah, duduklah dan makanlah daging buruan masakanku ini, agar bapa memberkati aku.”
  • Kejadian 27:29 Bangsa-bangsa akan takluk kepadamu, dan suku-suku bangsa akan sujud kepadamu; jadilah tuan atas saudara-saudaramu, dan anak-anak ibumu akan sujud kepadamu. Siapa yang mengutuk engkau, terkutuklah ia, dan siapa yang memberkati engkau, diberkatilah ia.”
  • Kejadian 31:55 Keesokan harinya pagi-pagi Laban mencium cucu-cucunya dan anak-anaknya serta memberkati mereka, kemudian pulanglah Laban kembali ke tempat tinggalnya.
  • Bilangan 6:23 “Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:
  • Hakim-hakim 13:24 Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson kepadanya. Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia.
  • Mazmur 147:13 Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anakmu di antaramu.

 Menurut Kitab Perjanjian Baru

  • Markus 10:16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.
  • Lukas 2:34 Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan
  • Ibrani 11:21 Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf, lalu menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya.
  • 1 Tawarikh 26:5 Amiel, anak yang keenam, Isakhar, anak yang ketujuh dan Peuletai, anak yang kedelapan, sebab Allah telah memberkati dia.

Kesimpulan: Pemahaman dan pengajaran tentang baptisan pada anak-anak apalagi baptisan percik, tidaklah sesuai dengan apa yang tercantum dalam Alkitab. Alkitab tidak mengajarkan mengenai baptisan anak melainkan Alkitab mengajarkan tentang anak-anak sangatlah penting dibawa kepada Tuhan untuk diberkati oleh Tuhan.

Peringatan! Anda sebagai pengajar para anak, anda perlu memegang dan memahami prinsip Firman Tuhan secara baik. Ingat Pesan Tuhan !!

Matius 18:6 “Tetapi barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini yang percaya kepada-Ku, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia ditenggelamkan ke dalam laut.

Matius 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

 

 

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: