PERJAMUAN KUDUS (Yohanes 6:44-59; 1 Kor 11:23-34)

By: Iman Yonggi Cho Sinaga

Roti adalah Tubuh Kristus bukan lambang tubuh Kristus.  1 Korintus 11: 29 dikatakan : “Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.” Roti harus diyakini dan dipercayai adalah tubuh Kristus bukan melambangkan tubuh Kristus. Yohanes 6:48 dijelaskan bahwa Yesus Kristus sebagai roti hidup yang telah turun dari sorga dan roti yang diberikan oleh Yesus Kristus adalah daging Kristus yang diberikan untuk dunia untuk dinikmati secara rohani dan keyakinan. Dalam 1 Kor.11:24 berkata; “dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!” Roti adalah tubuh Kristus sebagai tanda peringatan akan pribadi Yesus Kristus.

Cawa berisi anggur adalah darah Yesus Kristus bukan sebagai lambang. Cawan berisi anggur adalah merupakan perjanjian yang dimateraikan oleh darah Yesus serta diberikan juga sebagai tanda peringatan akan Dia.  Cawan berisi anggur harus diterima secara keyakinan bahwa hal itu adalah darah Yesus Kristus.

Perjamuan Kudus berhubungan dengan hidup yang kekal (Yoh. 6:53-54, 58)

  • Maka kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman (53-54).
  • Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya. (58)

Perjamuan Kudus menyatukan manusia dengan Allah (Yoh. 6: 56-57)

  • Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku (Yoh. 6: 56-57).

Perjamuan Kudus menyatukan manusia dengan sesamanya (1 Kor. 11:33)

  • Karena itu, saudara-saudaraku, jika kamu berkumpul untuk makan, nantikanlah olehmu seorang akan yang lain.

Perjamuan Kudus memberi tugas untuk memberitakan Injil Kristus (1 Kor. 11:26)

  • Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

