PERLENGKAPAN ROHANI YANG HANDAL (Efesus 6:10-20)

By: Iman Yonggi Cho, S.Th.

      Dalam medan peperangan, dibutuhkan alat untuk berperang, perlengkapan yang cukup matang serta persiapan-persiapan secara fisik dan yang lainnya. Dalam Alkitab dinyatakan dan dibahas mengenai perlengkapan-perlengkapan rohani agar orang percaya memilikinya untuk mengadakan sebuah perlawanan terhadap musuh. Apa yang perlu kita lakukan untuk melawan musuh..?? bagaimana kita bertindak…?? siapakah musuh kita…??

      Dalam Efesus 6:11 dikatakan:”kenakanlah seluruh  perlengkapan senjata Allah…..” . mengenai kata “kenakanlah” menunjuk pada pemakaian senjata tersebut. Dalam pemakaian sangat penting untuk latihan dalam menggunakan senjata-senjata Allah. Sebelum masuk dalam proses latihan dalam penggunaannya, sipengguna senjata harus terlebih dahulu mengenali, paham dan mengetahui senjata apa yang ingin dipakainya. Setelah si pengguna mengenali maka dia harus cakap dan terampil dalam memakai senjata-senjata Allah.

      Dalam Efesus 6:11 dikatakan mengenai tujuan dari pengenaan senjata Allah yakni;”Supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis.” Kata “bertahan” menunjuk pada sebuah tindakan pasif. Kata “melawan” adalah sebuah tindakan aktif. Bertahan  tanpa menyerang (melawan) maka mereka akan kalah. Menyerang tanpa bertahan maka mereka juga akan kalah. Pastinya tindakan yang perlu mereka miliki adalah bertahan dan menyerang. Bertahan dan menyerang satu kesatuan tidak dapat dipisahkan dan kedua-duanya harus berjalan secara bersamaan. Jika mereka menggunakan kedua hal ini maka mereka akan mengalami kemenangan.

      Musuh pasti memiliki kekuatan, demikian juga orang percaya harus memiliki kekuatan. Kekuatan dimaksud bukan kekuatan secara jasmani namun kekuatan rohani. Kekuatan ini dapat diperoleh dari sumbernya. Siapakah sumber kekuatan orang percaya dalam mengadakan pertahanan dan perlawanan terhadap musuh..?? Sumber kakuatan rohani orang percaya berasal di dalam Tuhan yakni di dalam Firman Allah dan kuasa darah Yesus serta di dalam kekuatan kuasa Tuhan.

      Orang percaya harus berjuang untuk melawan musuh. Sebab musuh mereka bukan sembarang musuh. Musuh orang percaya bukan melawan oknum secara fisik atau secara jasmani, bukan juga melawan darah dan daging melainkan melawan oknum roh. Roh jahat ini memiliki struktur pemerintahan yakni; pemerintah-pemerintah, penguasa-penguasa, penghulu-penghulu dunia yang gelap dan roh-roh jahat.

      Adapun tujuan-tujuan untuk mengambil seluruh perlengkapan senjata Allah (ayat 13).

  1. Supaya dapat mengadakan perlawanan pada hari yang  jahat (ayat 13a).
  2. Supaya dapat berdiri di dalam kebenaran Allah (ayat 13b).

     Cara pemakaian seluruh perlengkapan senjata Allah;

  • Pemakaian ikat pinggang kebenaran

     Ikat pinggang pada zaman dahulu bahannya terbuat dari kulit dan bahan yang lain, lalu dijadikan ikat pinggang sebagai tempat menggantungkan peralatan-peralatan. Jadi ikat pinggang kebenaran artinya kebenaran sebagai pelindung orang percaya dan tempat menggantungkan kehidupannya sepenuhnya kepada kebenaran Allah.

  • Pemakaian bajuzirah keadilan

      Bajuzirah keadilan fungsinya untuk melindungi hal-hal yang berharga yang menyangkut nyawa manusia misalnya melindungi leher, jantung dan paru-paru. Jadi bajuzirah keadilan fungsinya untuk melindungi hal-hal penting di dalam diri setiap orang percaya kepada Allah.

  • Pemakaian kasut kerelaan untuk memberitakan injil

      Kasur adalah sejenis sandal dibagian bawahnya terdapat paku-paku yang membuat semakin sulit untuk bergerak. Jadi dalam pemberitaan Injil, kita harus mengenakan pemakaian kasut kerelaan. Artinya sesulit apapun kita bergerak untuk melangkah, kita harus rela untuk tetap memberitakan Injil Yesus Kristus.

  • Pemakaian perisai iman

      Perisai berbentuk persegi panjang yang terbungkus dengan kain tebal dan kulit binatang. Sebelum masuk ke dalam medan pertempuran, perisai itu direndam di dalam air sehingga ketika panah api menghujam perisai tersebut maka panah api itu padam. Jadi dengan cara sama, iman mampu mengalahkan panah-panah dari si iblis. Misalkan panah kebencian, sakit hati, dendam, perselisihan, kekecewaan dan lain sebagainya.

  • Pemakaian ketopong keselamatan

      Ketopong terbuat dari kulit yang diperkuat dengan besi. Fungsinya untuk melindungi bagian yang mengontrol segala sesuatu dari tubuh yakni di dalam kepala. Jadi ketopong keselamatan artinya Yesus adalah Juruselamat, terlebih dahulu kita pahami, kita alami secara nyata dan ada di dalam diri kita. Tujuannya untuk menguasai pribadi kita, lalu kita bisa mengontrol dengan baik dan mengalahkan perilaku daging kita termasuk pikiran jahat.

Intinya

  • Senjata yang ada pada seseorang dan senjata apa yang digunakan atau dipakai seseorang sangat menentukan kemenangannya terhadap musuh-musuh.
  • Kemenangan seseorang dalam berperang untuk melawan musuh hanya ada di dalam keyakinan terhdapa  kebenaran (Yesus Kristus) dan kuasa Allah

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: