TETAP SEMANGAT DATANG PADA TUHAN DAN LAYANILAH TUHAN (Rom.12:11)

By: Iman Yonggi Sinaga, S.Th.

Surat Roma ditulis oleh Rasul Paulus kepada orang-orang atau Jemaat di Roma (Roma 1:7). Garis besar isi surat Roma adalah: Pasal 1-8 adalah pendahuluan dan pembenaran karena iman, pasal 9-11 adalah tentang penyelamatan Israel dan pasal 12-16 adalah tentang nasihat-nasihat praktis untuk orang percaya serta salam. Ayat kunci dalam kitab Roma adalah Roma 1:16-17.

 Pasal 12:11

  • “Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, …”

Kata “janganlah” (μή) merupakan larangan atau peringatan yang tegas. Contoh: Bila ada anak kecil yang suka bermain dengan api atau benda tajam, maka orang dewasa pasti melarang atau memperingatinya dengan tegas untuk berhenti dari perbuatan tersebut.  Larangan atau peringatan yang tegas ini disampaikan karena anak kecil tersebut akan mengalami bahaya jika perbuatannya itu tidak segera dihentikan.

Kata “kerajinan” (σπουδή) artinya kerajinan, ketekunan, kesungguhan. Kata ini berhubungan dengan aktivitas atau tindakan yang baik yang pernah dilakukan selama ini. Kata “kendor” (ὀκνηρός) artinya lesu, malas, mundur.

Dengan demikian, kalimat “janganlah hendaknya kerajinanmu kendor” merupakan suatu larangan atau peringatan yang tegas supaya kerajinan, ketekunan dan kesungguhan orang percaya tidak kendor atau mundur. Jika kerajinan, ketekunan dan kesungguhan orang percaya menjadi kendor atau mundur maka ada bahaya yang akan dialami.

  •  “…biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan”

        Kata “roh” (πνεῦμα) artinya roh, semangat. Kata “menyala-nyala” (ζέω) artinya menjadi panas (mendidih seperti air, bercahaya). Secara kiasan ζέω artinya menjadi bersemangat atau serius, dengan kesungguhan hati. Kata “layanilah” (δουλεύω) artinya melayani, menjadi budak secara sukarela. Tuhan (κύριος) artinya Tuhan, Pemilik, Pemelihara, Penguasa.

Intinya

Dalam dunia pelayanan sangat penting dan sangat dibutuhkan semangat dan roh yang menyala-nyala agar memiliki dampak yang besar dalam pelayanan.

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: