HIDUP MENURUT DAGING ATAU HIDUP MENURUT ROH ALLAH ? (Rom 8:5-8; Gal 5:16-18)

By : Iman Yonggi Cho Sinaga, S.Th.

Allah menciptakan manusia menjadi mahkluk hidup yang berakal, bermoral, sehat dan kuat. Manusia diciptakan Allah agar hidup mereka tertata dengan baik. Manusia diciptakan menjadi makhkluk hidup yang memiliki tujuan hidup yang jelas. Ada dua hal yang diperhadapkan kepada manusia mengenai tujuan hidup dan kedua hal ini sangat bertentangan dan berlawanan tidak bisa disatukan yaitu;

   1. Hidup Menurut Daging.

Hidup menurut daging lebih gampang dan mudah dilaksanakan daripada hidup menurut Roh Allah. Hal ini disebabkan karena keinginan daging lebih nikmat di bumi dibandingkan keinginan Roh. Manusia juga masih hidup dalam daging dan masih banyak godaan dan cobaan yang menyangkut hal-hal daging. Tabiat-tabiat daging (dosa) sudah ada di dalam diri manusia sehingga hal itu yang menyebabkan orang percaya sulit untuk  hidup menurut Roh Allah.

Hidup menurut daging berarti memikirkan hal-hal yang dari daging (Rom. 8:5). misalnya materi, kekayaan, kekuasaan dan lain sebagainya. Dalam Galatia 5:19-21 berkata keinginan daging adalah percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, pencideraan. semuanya keinginan daging ini mengarah kepada maut yaitu kematian yang bersifat kekal (Rom. 8:6). Keinginan daging adalah perseteruan dengan Allah karena ia tidak takluk kepada hukum Allah (Rom.8:7). Perseteruan artinya perlawanan dengan hukum Allah. Keinginan daging ini tidak berhubungan dengan hukumnya Allah. Hidup dalam hukum Allah adalah kekal sedangkan hidup dalam daging adalah kematian (Rom 8:13).

   2.  Hidup Menurut Roh Allah

Hidup menurut Roh Allah artinya Roh memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus Yesus dari hukum dosa dan hukum maut (Rom. 8:2). Dosa pada dasarnya membuat manusia akhirnya mengalami kematian namun akhirnya Roh Allah itu menghidupkan kehidupan manusia dan melepaskan dari setiap belenggu-belengu dosa dan kematian. Roh Allah yang diam di dalam diri seseorang akan menghidupkan juga tubuh mereka yang fana (Rom. 8:11).  Manusia yang sudah hidup dalam Roh Allah pasti mereka memikirkan hal-hal yang dari Roh (Rom 8:5) yaitu;  Galatia 5: 22-26 berkata: mengenai buah Roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Keinginan-keinginan yang muncul di dalam diri seseorang  yang mengalami Roh Allah adalah hidup dan damai sejahtera (Rom. 8:6). Roh Allah (Kristus) merupakan salah satu bukti mereka  milik Kristus. Jika orang tidak memiliki Roh Kristus maka ia bukan milik Kristus yang nyata (Rom.8:9). Jika seseorang ingin hidup menurut Roh lebih lagi maka mereka harus mematikan perbuatan-perbuatan tubuh (daging) (Rom.8:13). Gelar sebagai anak Allah diberikan kepada orang-orang yang dipimpin oleh Roh Allah (Rom.8:14). Roh Allah menjadikan mereka anak Allah (Rom.8:15). Setiap orang yang hidup dalam Roh Allah, mereka selalu berseru kepada Allah dan mereka pasti mengatakan Ya, Abba, Ya Bapa ! (Rom.8:15). Anak-anak Allah yang dipimpin oleh Roh Allah, mereka bersaksi bersama-sama dengan roh mereka bahwa mereka adalah anak-anak Allah. Anak-anak Allah adalah ahli waris kerajaan Allah yang berhak menerima janji-janji Allah (Rom.8:7)

 Intinya

  • Hidup menurut daging adalah hidup dalam kenikmatan semata yang mengarah kepada kebinasaan.
  • Hidup menurut Roh Allah adalah hidup dalam kehendak Allah dan hukumnya Allah tanpa ada unsur kedagingan. Sebab kedua hal ini tidak bisa disatukan. Arahnya kepada kehidupan kekal.

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: