Kualitas dan kuantitas tanaman ( 1 Kor. 3 : 6 )

Latar Belakang

          Apolos adalah Seorang Yahudi dari Aleksandria yang terpelajar ( Kis 18:24-19:1 Helenisme ). Dari Efesus ia datang di Korintus dan memperoleh pengikut tersendiri di kalangan jemaat kristen. Kelompok ini berada dalam sebuah pertikaian dengan jemaat kristen “dari Paulus” ( 1 Kor 1:12; 3:4-6, 22; 4:6 ). Paulus kelihatan memberi kritik tegas ( 1 Kor 3 : 10-15 ). Kis 18 : 24-28 bermaksud mendekatkan Allah.

        Keahlian Apolos dalam Kis 18 : 24-28 yaitu;

  • Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab suci.
  • Ia telah menerima pengajaran dalam jalan Tuhan.
  • Dengan bersemangat Apolos berbicara dan dengan teliti, ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.

        Perbedaan pengajaran Paulus dengan pengajaran Apolos di Efesus yaitu; Apolos menerima pengajaran dalam jalan Tuhan dan hanya mengajar mengenai Yesus secara teliti dan mengenai baptisan Yohanes, akan tetapi ia tidak mengajar mengenai Roh Kudus, Paulus melakukan hal yang demikian.

        Pada suatu ketika, ia didorong Rasul Paulus untuk berkunjung kembali ke Korintus, namun Apolos merasa berat, ia kemungkinan beranggapan bahwa itu bukan kehendak Allah ( 1 Kor 16:12 ). Ia sama sekali tidak mau datang sekarang, yaitu pada waktu Paulus ada untuk tinggal di Korintus ( 1 Kor. 16 : 12 ). Sehingga apa yang terjadi dengan jemaat Korintus…?? Perselisihan, iri hati dan perpecahan mengenai kelompok atau golongan.

 

Isi

 

         Kalimat “Aku menanam”, Dalam bahasa Yunaninya “evgw. evfu,teusa” artinya “Aku telah menanam”. Kata “evfu,teusa” verb indicative aorist active 1st person singular  from  “futeu,w” artinya a plant (  Mt 15:13; 21:33; Mk 12:1; Lk 13:6; 17:6, 28; 20:9; 1 Cor 3:6-8; 9:7 ).

            Kalimat “Apolos yang menyiram”, dalam bahasa Yunaninya adalah  “Apollw/j evpo,tisen” artinya “Apolos telah menyiram”. Kata “evpo,tisen” verb indicative  aorist active 3rd person singular from poti,zw.  Arti poti,zw adalah Pertama, of persons give to drink ( seseorang memberikan minum ), cause someone to drink ( sebab seseorang minum ) ( Mt 10:42; 25:35; Mk 15:36; 1 Cor 3:2; 12:13; Rv 14:8 ). Kedua,  of animals and plants ( semangat / jiwa sehat dan Tanam-tanaman / tumbuh-tumbuhan ) ( Luk 13:15; 1 Cor 3:6–8 ).

            Kata “ Tetapi”, dalam bahasa Yunani adalah “ avllά ” ( alla ), artinya “ Tetapi; bahkan; kecuali; pasti dalam apodosis kalimat kondisional; kini, kata ini bersama dengan kata yang bermodus imperative untuk menguatkan perintah. (Hasan Sutanto, 2006 : 46)

            Kalimat “Allah yang memberikan pertumbuhan”, dalam bahasa Yunaninya adalah  “ o` qeo.j hu;xanen” artinya “Allah menumbuhkan.” Kata “hu;xanen” adalah “αu;xάnω” ( auksanō ) yang artinya Allah yang membuat bertumbuh, menumbuhkan, membuat bertambah, berkembang; dan bertambah besar.

 

KESIMPULAN

           Kualitas dan kuantitas daripada tanaman yaitu jemaat Korintus adalah bersikap manusia duniawi dibuktikan adanya perselisihan ( Pertengkaran / eris  / ‘έρις ), iri hati, didalam jemaat tersebut dengan alasan memperebutkan golongan.

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: