Resensi Buku.

 

RESENSI BUKU

Judul Buku : Built To Bless

Penulis Buku : Paulus Bambang WS

Penerbit Buku : PT Gramedia

Tahun Terbit : 2008

Halaman Buku : 1-217

 

RINGKASAN BUKU

Ada beberapa hal  yang penting untuk diperhatikan dalam  kepemimpinan  antara lain;

Hukum tabur-tuai : apa yang anda tabur akan anda tuai. Yang anda tabur sedikit dan yang anda akan tuai banyak, amat banyak dan sangat amat banyak. Anda yang menabur berkat akan menuai sangat banyak berkat. Kalau yang ditabur adalah kebohongan, ketidak jujuran, kefasikan  maka yang akan anda tuai juga badai kebohongan, kepalsuan dan kejahatan. Apa yang anda tabur pada masa lalu, akan dituai dimasa kini  dan buah yang akan dituai pada masa depan. Jadi sebagai pemimpin perhatikan apa yang  anda tabur hari ini.

Keteladanan :  Menjadi teladan artinya berani tampil beda,  melawan arus, dan memerlukan pengorbanan dari setiap apa yang dimiliki. Menjadi teladan dan berupaya menjadi teladan adalah suatu perintah, bukan himbauan. Ini bukan ambisi rendahan tetapi aspirasi yang tinggi, bukan mencari kesombongan dan keterutamaan tetapi mencari kebenaran diatas norma standar orang yang mau meneladaninya. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dalam keteladanan yaitu : pertama,  teladan dalam kata :  beri bukti  bukan janji, katakan  yang benar, berkata positif dan membangun, pilih pembendaharaan kata yang

menunjukkan kualitas iman. Kedua, teladan dalam tingkah laku : budaya kerja yang disiplin tinggi, sikap yang menghargai pendapat orang lain, perilaku yang menunjukkan kualitas iman. Ketiga, teladan dalam kesetiaan : loyalitas pada perusahaan  tempat bekerja bukan pada atasan yang salah, tidak mendua atau moon lighting, setia dalam mengerjakan pekerjaan sampai tuntas. Keempat, teladan dalam kesucian : bersih dari segala prinsip manusia, bersih dari penerapan etika hidup manusia dan bersih dalam segala perbuatan manusia.

Keyakinan pegangan pimpinan built to bless company yaitu : tidak ada seorang mampu hidup tanpa keyakinan ( believe ), Ia menggerakkan roh manusia menuju kodratnya sebagai ciptaan Agung. Keyakinan membentuk tata nilai, tata nilai melahirkan pola piker, pola pikir menggerakkan sikap  dan sikaplah yang membentuk karakter yang sesungguhnya.

Keyakinan ada dua bagian antara lain;

  1. Perisai kehidupan

a)      Keimanan ( faith )

b)      Kesetiaan ( faithfulness )

c)       Kejujuran ( honesty )

d)      Kerendahan hatian( humility )

e)      Ketulusan ( sincerity )

  1. Pedang kehidupan

a)      Kecerdikan ( smartness )

b)      Wawasan kedepan ( vision )

c)       Langkah terobosan ( breakhthrough )

d)      Semangat juang ( passion )

e)      Kinerja akhir ( performance )

 

Kritik Buku

Tulisan : Dalam penulisan buku ini, dalam sistematika penulisan sudah berurutan, sudah jelas, tidak ada kekurangan dalam penulisan.

Bahasa :  Untuk kaum awam yang memiliki pendidikan yang sedikit akan kesulitan dalam memahami isinya karena bahasa bukunya sulit untuk dipahami. Bahasa yang difungsikannya kurang ilmiah. Buku ini sangat efektif dibacakan ol;eh orang-orang yang ingin berkecimpung dalam dunia usahaan.

Isi :  Buku ini memberikan penjelasan soal sukses bagi seorang pengusaha dalam suatu perusahaan. Kesuksesan dipandang bukan secara jasmani saja, namun kesuksesan harus dipandang dari sukses social dan sipiritual. Jika seorang pemimpin memandang kesuksesan dari sebelah mata  saja maka akan terjadi ketimpangan ditengah-tengah masyarakat, bangsa secara keseluruhan dan  bagi dirinya sendiri. Untuk menjadi seorang pemimpin dalam suatu perusahaan ( dalam membangun suatu usaha ) membutuhkan keberanian seorang pengusaha pejuang, yang berani tampil beda.  Pemimpin juga harus berani melawan arus demi sebuah prinsip kebenaran, dan memegang keyakinan penuh ( memiliki kekayaan yang kokoh ) terhadap prinsip yang ada kebenarannya.

 

 

About Iman Yonggi Cho

All Of Jesus Christ

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: